Home Berita Info Aktual Kabupaten Langkat Kembali Panen Dukung Swasembada

Kabupaten Langkat Kembali Panen Dukung Swasembada

User Rating:  / 0
PoorBest 

Kali ini panen dilaksanakan di Poktan Bahagia Desa Lau Mulgap Kecamatan Selesai, petani setempat bersuka cita dengan hasil panen musim tanam kali ini, dengan menggunakan VUB Inpari 32, hasil yang diperoleh cukup tinggi yaitu berkisar 8 ton/ ha GKP dengan luas panen 2 ha dari hamparan 10 ha.

Kondisi pengairan yang masih irigasi sederhana, tidak menyurutkan semangat petani menanam 3 kali dalam setahun, IP 3, petani di Desa Lau Mulgap telah merasakan dampak positif dari kegiatan UPSUS Pajale  sejak tiga tahun terakhir. Menurut informasi Penyuluh Kecamatan Selesai, Elpia Anizar, AMd bahwa harga GKP berkisar Rp. 4.300/kg dan beras Rp. 9.500/kg.

Kepala BPTP Balitbangtan Sumut melalui LO mengatakan bahwa penggunaan Varietas unggul seperti Inpari 32 dapat meningkatkan hasil, beliau menghimbau agar petani dapat terus mencoba varietas unggul lain yang nantinya dapat mengetahui Varietas mana yang sesuai dengan kondisi spesifik lokasi wilayahnya.

Selanjutnya BPTP Balitbangtan Sumut siap mengawal dan mendampingi petani untuk pengenalan varietas dan teknologi terbaru Balitbangtan guna peningkatan hasil produksi dalam mewujudkan swasembada pangan di Kabupaten Langkat.