Home Berita Info Aktual Monev Kajian Analisis Usahatani Padi Sawah Bukaan Baru di Sumatera Utara

Monev Kajian Analisis Usahatani Padi Sawah Bukaan Baru di Sumatera Utara

User Rating:  / 0
PoorBest 

Selamat siang SobatTani BPTP Balitbangtan Sumut mendapat kunjungan Tim  SMARTD Balitbangtan untuk melakukan Evaluasi kegiatan Kajian Analisis Usahatani Padi Sawah Bukaan Baru di Sumatera Utara, yuk simak beritanya

Kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Kajian Analisis Usahatani Padi Sawah Bukaan Baru Di Sumatera Utara dilaksanakan di dua kabupaten, yakni Asahan seluas 5 ha dan Deli Serdang seluas 5 ha. Penanaman dijadwalkan pada bulan September dan panen pada bulan Desember 2018. Sementara laporan hasil LKP dijadwalkan pada bulan Januari 2019 yang disertai dengan hasil analisis tanah dan tanaman dari laboratorium.

Kunjungan Monev tim SMARTD telah dilaksanakan di kelompok tani Sukmatani dan Pringgan dengan didampingi oleh penanggung jawab kegiatan (Setia Sari Br. Girsang, PhD) dan anggota pelaksana beserta dengan mahasiswa dari Universitas Islam Sumatera Utara pada tanggal 3 Agustus 2018. Adapun lahan bukaan baru tahun 2016 merupakan bekas perkebunan kelapa sawit seluas 80 ha dan tembakau seluas 26 ha. Pertanaman padi sawah yang dilaksanakan oleh petani sudah empat kali musim tanam, dimana pada tahun 2016 produktivitas hanya sebesar 4-5 ton/ha dan 2017 sebesar 6-7 ton/ha.

Diharapkan dengan adanya kegiatan kerja sama dengan SMARTD, teknologi Badan Litbang Pertanian mampu meningkatkan produktivitas yang lebih tinggi, dengan syarat jumlah petani kooperator lebih dari 10 orang, bersifat kooperatif, dan mampu mendiseminasikan teknologi yang diaplikasikan.

Saran tim Monev SMARTD, yaitu Dr. Bess Tiesnamurti, Dr. Mamat Haris Suwanda, Eti Sri Fatimah dan Merry Nansilya menyampaikan agar melaksanakan panen tepat waktu di bulan Desember 2018, melaporan LKP di bulan Januari 2019, melaksanakan pemberdayaan kelembagaan petani dalam hal pemanfaatan Alsintan, penggunaan VUB padi sawah, pelaksanaan aplikasi pemupukan berdasarkan spesifik lokasi, serta melaksanakan percepatan kegiatan agar selesai sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.