Home Berita Info Aktual Workshop Setifikasi Kebun Percobaan Berdasarkan ISO 9001:2015

Workshop Setifikasi Kebun Percobaan Berdasarkan ISO 9001:2015

User Rating:  / 0
PoorBest 

Sejalan dengan arahan World Bank mengenai pentingnya standar internasional dari setiap kinerja di bawah Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Badan Penelitian dan Pengembangan Kementan mengadakan Workshop Setifikasi Kebun Percobaan Berdasarkan ISO 9001:2015 Kegiatan SMARTD yang berlangsung mulai tanggal 29 s/s 31 Juli 2018 di Makasar.

Acara workshop yang dihadiri 13 satuan kerja di bawah Badan Litbang Pertanian dan pihak  konsultan ini, dibuka dengan sambutan Bapak Sekretaris Badan Penelitian Pengembangan Kementerian Pertanian Dr. Prama Yufdi. Kemudian Kepala Badan Litbang Pertanian Dr. Ir. Muhammad Syakir, M.S  memberikan arahan mengenai betapa pentingnya standar yang terukur dari seluruh Kebun Percobaan dibawah Balitbangtan.

Kebun-Kebun Percobaan adalah urat nadi Badan Litbang Pertanian sebagai wadah untuk pengkajian, penelitian dan diseminasi setiap inovasi pertanian, sehingga sangat penting adanya sertifikasi untuk setiap Kebun Percobaan yang berstandar internasional namun tetap mengedepankan kultur setempat.

Kedepannya, Badan Litbang akan semakin ketat dalam mengawasi Kebun-Kebun Percobaan dengan melibatkan dan menempatkan lebih banyak Peneliti maupun Calon Peneliti di KP-KP Balitbangtan. Dengan Sertifikasi ISO 9001:2015 pada Kebun-Kebun Percobaan ini, diharapkan kinerja Badan Litbang Pertanian  semakin maksimal dan terukur dan  mampu menjadi lokomotif pionir dari Badan Litbang Nasional lainnya.