Home Berita Info Aktual Panen dan Temu Lapang Kegiatan Percepatan Hilirisasi Teknologi Jarwo Super melalui Pemberdayaan Petani di Kabupaten Batu Bara

Panen dan Temu Lapang Kegiatan Percepatan Hilirisasi Teknologi Jarwo Super melalui Pemberdayaan Petani di Kabupaten Batu Bara

User Rating:  / 0
PoorBest 

Seiring dengan upaya pemerintah dalam peningkatan produksi dan provitas padi  untuk pencapaian swasembada pangan berkelanjutan, Badan Litbang Pertanian sebagai garda terdepan dalam pengembangan teknologi padi berbasis penelitian, telah menghasilkan teknologi padi Jarwo Super.

Teknologi Jarwo super tersebut masih relatif baru, sehingga diperlukan upaya percepatan diseminasi yang salah satunya telah dilakukan BPTP Balitbangtan Sumut melalui  kegiatan percepatan Hilirisasi Jarwo Super di Kabupaten Batu Bara.

Panen kali ini dilaksanakan di Poktan Mekar Tani Desa Medang Baru Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batu Bara,  luas panen 25 ha pada hamparan 120 ha. Beberapa varietas yang di panen yaitu Inpari 30,Inpari 32, Inpari 33, Inpari 40, Inpari 41, Inpari 42, Inpari 43 dengan provitas mencapai 8.6 ton/ha.

Kepala Desa Medang Baru dalam sambutannya mengapresiasi BPTP Balitbangtan Sumut yang telah melakukan kegiatannya di Desanya, beliau mengharapkan  BPTP Balitbangtan Sumut dapat terus membina petani di desanya melalui kegiatan setiap tahunnya.

Selanjutnya Ketua Poktan Mekar Tani, Bapak Junaidi mengatakan sangat puas dengan hasil panennya hari ini, karena hasil padi Jarwo Super miliknya,  provitasnya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan poktan lain yang hasilnya rendah akibat terserang hama wereng. lanjutnya lagi, petani Poktan Mekar Tani sangat beruntung mengikuti kegiatan Jarwo Super BPTP Balitbangtan Sumut karena beberapa komponen Jarwo Super yang telah diterapkan Poktan, dapat membantu tanamannya bertahan dari serangan hama wereng sehingga hasilnya tetap bagus.

Petani Desa Medang Baru sangat antusias mengikuti panen dan temu lapang kali ini, mereka mengatakan akan menerapkan tekonologi Jarwo Super untuk musim tanam berikutnya, karena hasilnya terbukti lebih tinggi dibandingkan dengan menanam biasa, harga GKP saat ini menggunakan Combine harvester mencapai 4900 GKP ton/ha.
 
Kegiatan panen dan Temu lapang dihadiri oleh Kepala BPTP Balitbangtan Sumut Peneliti dan Penyuluh BPTP Balitbangtan Sumut,  Kadis Pertanian Batu bara yang diwakili oleh Kabid. Penyuluhan, Kabid Produksi Dinas Pertanian Batu Bara, Kepala Desa Medang baru, Kepala dusun  Danau, PPL serta petani Kec. Medang deras.