Home Berita Info Aktual Perluasan Areal Tanam Baru lahan kering Pasca Idul Fitri di Kabupaten Mandailing Natal

Perluasan Areal Tanam Baru lahan kering Pasca Idul Fitri di Kabupaten Mandailing Natal

User Rating:  / 0
PoorBest 

Perluasan areal tanam padi di lahan kering saat ini menjadi tumpuan besar pemerintah Indonesia dalam meningkatkan produksi padi nasional, untuk itu,  Kementerian Pertanian terus berupaya mendorong perluasan tanam padi di lahan kering di seluruh Provinsi Indonesia.

Kabupaten Mandailing Natal Provinsi Sumatera Utara memiliki potensi lahan kering (gogo) yang mencapai lebih dari 20 ribu ha, termasuk lahan bukaan baru di areal pertanaman sawit muda. Hingga saat ini petani Mandailing Natal telah memberikan kontribusi produksi padi melalui pengembangan padi gogo, namun hasilnya belum optimal.

Sehubungan hal tersebut, hari ini Minggu 24 Juni 2018, dalam rangka mengoptimalkan  potensi lahan kering di Kabupaten Mandailing Natal, telah dilaksanakan penanaman bersama padi gogo seluas 0.5 Ha menggunakan varietas Mekongga yang dilaksanakan  oleh Direktur Serealia selaku Penjab UPSUS Sumut bersama Kepala BPTP Balitbangtan Sumatera Utara, Kepala Dinas Pertanian Kab. Mandailing Natal dan Kepala BP3K Panyabungan Utara, Sekretariat Dinas Pertanian, dan petani di Desa Jambur, Kecamatan Panyabungan Utara Kab. Mandailing Natal Sumatera Utara. Diharapkan dengan adanya penanaman bersama padi Gogo ini dapat mendukung dan meningkatkan swasembada pangan di Kabupaten Mandailing Natal.