Home Berita Info Aktual Kabupaten Toba Samosir Menguning

Kabupaten Toba Samosir Menguning

User Rating:  / 0
PoorBest 

Peningkatan produksi padi nasional dilakukan dengan penggunaan varietas unggul. Saat ini sudah banyak varietas padi yang dihasilkan Badan Litbang Pertanian tetapi masih banyak petani yang menggunakan varietas unggul yang sudah lama dilepas maupun varietas lokal. Hal ini juga masih dilakukan oleh petani di Kabupaten Tobasa Provinsi Sumatera Utara.

Umumnya petani di Kabupaten Tobasa masih menanam varietas lokal dan varietas Ciherang. Penggunaan varietas lokal yang umumnya berumur panjang sangat mempengaruhi pola usahatani, sehingga dengan umur tanam yang panjang sebagian petani menanam padi hanya 1 kali tanam. Kabupaten Tobasa terletak di dataran tinggi dan memiliki kontur tanah yang bertingkat sehingga petani setempat sangat menginginkan varietas unggul yang adaptif untuk dataran tinggi.

Beberapa varietas unggul sudah beradaptasi di Kabupaten Tobasa seperti Ciherang dan Mekongga, pada tahun 2017 di Kabupaten Tobasa mulai diperkenalkan varietas inpari 30. Panen kali ini dihadiri oleh Ka.BPTP Sumut, Plt Kadis Pertanian Tobasa,  Peneliti BPTP Sumut, Ketua Gapoktan, dan ketua kelompok tani, panen dilakukan di Desa Raut Bodi Kec. Porsea dan Desa Sampuara Kec. Bonatua Kabupaten Tobasa pada lahan seluas 150 ha dan 100 ha, varietas yang ditanami adalah varietas Ciherang, hasil panen 6.3-7 ton GKP/ha. Harga GKP pada saat dilakukan panen Rp 5.100-5.200/kg GKP. Produktivitas padi varietas Inpari 30 di Kabupaten Tobasa menujukkan bahwa varietas ini dapat beradaptasi di dataran tinggi tobasa pada ketinggian tempat diatas 980 mdpl.