Home Berita Info Aktual Semangat Panen Di Suasana Lebaran

Semangat Panen Di Suasana Lebaran

User Rating:  / 0
PoorBest 

Penen  tetap berlangsung di Kabupaten Simalungun meskipun masih dalam suasana lebaran. Hal ini terlihat dari tetap semangatnya petani di desa  Nagori Bandar Dolok, Kecamatan Dolok Panribuan untuk melakukan panen.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari KCD, metode panen yang dilakukan petani masih tergolong tradisional, hal ini disebabkan masih terbatasnya SDM yang  mampu mengoperasikan alsintan dengan baik. Untuk itu dibutuhkan pelatihan bagi para petani  khususnya dalam hal pengoperasian alsintan.

Secara umum varietas yang di tanam di Nagori Bandar Dolok adalah varietas Ciherang, dengan luas panen sekitar 2 ha, total luasan yang sudah panen 50 ha, dan hamparan panen sekitar 117 ha yang akan berakhir pada bulan Juni. Rata-rata produktivitas untuk musim ini adalah 5 ton/ha, dimana harga jual gabah kering panen (GKP) Rp 4500/kg, sedangkan Gabah Kering Giling (GKG) Rp 5.500/kg.
Panen kali ini berlangsung di Kelompok Tani (Poktan Bandar Dolok, Poktan Saribulawan dan Poktan Sulim),yang dihadiri oleh  KCD dan Penyuluh Pertanian. Perwakilan kelompok tani melalui KCD (Rudi Pakpahan) sangat berharap adanya bantuan benih unggul dan bersertifikat dari Pemerintah untuk desa mereka.

Kepala BPTP Sumut melalui LO BPTP Sumut untuk Kabupaten Simalungun menyampaikan agar  para petani  senantiasa melakukan pergiliran varietas untuk memutus rantai hama penyakit pada pertanaman dan juga menggunakan varietas unggul Balitbangtan yang lebih tahan terhadap serangan hama dan penyakit dan  juga dapat meningkatkan produktivitas,hal ini mengingat petani setempat masih menggunakan varietas yang sudah rentan terhadap serangan hama dan penyakit salah satunya  Wereng Batang Coklat (WBC) dan Kresek.