Home Berita Info Aktual Kabupaten Tapanuli Utara Memasuki Masa Panen

Kabupaten Tapanuli Utara Memasuki Masa Panen

User Rating:  / 0
PoorBest 

Kabupaten Tapanuli Utara memiliki Luas Baku Sawah 19.021 ha. Hal ini berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS),  dimana seluruh kecamatan di kabupaten ini memiliki lahan sawah yang potensial. Salah satu wujud visi misi kabupaten Tapanuli Utara adalah menjadikan Tapanuli Utara sebagai  lumbung pangan berkelanjutan dan berkesinambungan. Melalui visi misi ini diharapkan dapat menambah pendapatan asli daerah dari sektor penjualan produksi beras.

Dalam rangka perwujudan visi misi tersebut, pada hari ini Rabu 6 Juni 2018 telah dilaksanakan panen padi di kelompok tani Sitamba, Desa Siaro, Kecamatan Siborong-borong dengan luas panen 1 ha dari total hamparan 50 Ha. Kecamatan ini sendiri memiliki luas baku sawah terluas di Kabupaten Tapanuli Utara yaitu 2.701 ha. Varietas yang dipanen merupakan varietas lokal yaitu Ramos merah, dengan rata-rata umur tanam ± 6 bulan. Ciri khas dari varietas ini adalah warna berasnya merah dan aromanya wangi. Panen kali ini sekaligus melakukan uji coba terhadap alat mesin pertanian combine Harvester yang dimiliki oleh kelompok tani. Panen dihadiri oleh Kelompok Tani dan Staf Dinas Pertanian Kabupaten Tapanuli Utara. Rata-rata produktivitas untuk musim ini adalah 5 – 6  ton per ha, dimana harga jual gabah kering panen (GKP) Rp4300.00 – Rp4500/kg , sedangkan Gabah Kering Giling (GKG) Rp5.800.00/kg.

Kepala BPTP Sumut melalui LO kabupaten menyampaikan agar petani dapat beralih menggunakan varietas unggul baru yang sesuai dengan spsifik lokasi, sehingga dapat meningkatkan Indeks Pertanaman di kabupaten Tapanuli Utara. Hal ini dapat diawali dengan pembuatan demplot uji varietas dikelompok tani.