Home Berita Info Aktual Pengamatan Keragaan Pertanaman Jarwo Super di Kabupaten Serdang Bedagai

Pengamatan Keragaan Pertanaman Jarwo Super di Kabupaten Serdang Bedagai

User Rating:  / 1
PoorBest 

Badan Litbang Pertanian telah menghasilkan berbagai inovasi teknologi pertanian yang memiliki keunggulan dalam mendukung pembangunan pertanian nasional. Suatu inovasi teknologi tersebut dikatakan bermanfaat jika secara nyata dapat meningkatkan kesejahteraan petani.

Salah satu teknologi terbaru padi yang saat ini dikembangkan yaitu teknologi Jarwo Super. Teknologi tersebut baru sebagian diterapkan oleh petani sehingga dibutuhkan upaya diseminasi secara luas di sumatera Utara. BPTP Sumut telah melaksanakan kegiatan Kaji Terap teknologi Jarwo Super di Kabupaten Serdang Bedagai, upaya tersebut bertujuan untuk meyakinkan bahwa paket teknologi Jarwo super merupakan paket teknologi yang paling sesuai dengan kebutuhan petani dan sangat direkomendasikan.

Pengamatan kegiatan Kaji Terap Jarwo Super telah dilaksanakan hari ini oleh penanggung jawab Kegiatan, Bapak Ir.Musfal, MP,  yang didampingi Penyuluh BPTP Sumut, Suheri Sitepu,  PPL Desa Pematang Setrak Bapak Ridwan dan Ketua Kelompok Tani Pak Samidi.

Kondisi Pertanaman padi dengan teknologi Jarwo super umur 30 hst terlihat sangat bagus dengan rata rata jumlah anakan  30 sampai 35.  Dari hasil pengamatan pada hamparan padi seluas 10 ha tidak ditemukan hama dan penyakit yang mengganggu pertumbuhan tanaman, petani antusias teknologi Jarwo Super ini akan meningkatkan produksi di daerah mereka.