Home Berita Info Aktual Perluasan Areal Tanam Baru lahan kering di Kabupaten Mandailing Natal

Perluasan Areal Tanam Baru lahan kering di Kabupaten Mandailing Natal

User Rating:  / 0
PoorBest 

Perluasan areal tanam padi di lahan kering saat ini menjadi tumpuan besar pemerintah Indonesia dalam meningkatkan produksi padi nasional, untuk itu,  Kementerian Pertanian terus berupaya mendorong perluasan tanam padi di lahan kering di seluruh Provinsi Indonesia.

Kabupaten Mandailing Natal Provinsi Sumatera Utara memiliki potensi lahan kering (gogo) yang mencapai lebih dari 20 ribu ha, termasuk lahan bukaan baru di areal pertanaman sawit muda. Hingga saat ini petani Mandailing Natal telah memberikan kontribusi produksi padi melalui pengembangan padi gogo, namun hasilnya belum optimal.

Sehubungan hal tersebut, dalam rangka mengoptimalkan  potensi lahan kering di Kabupaten Mandailing Natal, telah dilaksanakan penanaman bersama padi gogo lokal Siganteng dan Sianggun yang dilaksanakan  oleh Direktur Serealia selaku Penjab UPSUS Sumut bersama Kepala BPTP Balitbangtan Sumatera Utara dan petani di Desa Lambou, Kecamatan Bukit Malintang dan Desa Bonan Dolok Kec. Siabu, Kab. Mandailing Natal Sumatera Utara.

Kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan lokasi pertanaman padi gogo yang terintegrasi dengan tanaman kelapa sawit dan kebun jeruk di lahan Kelompok Tani Aek Sipuruk, Desa Bonan Dolok, Kecamatan Siabu, Kabupaten Mandailing Natal pada hamparan lahan seluas  sekitar 10.000 an ha, peninjauan lokasi juga dihadiri oleh Dinas Pertanian dan Kepala BPS Kab. Mandailing Natal.