Home Berita Info Aktual Kabupaten Simalungun Terus Panen

Kabupaten Simalungun Terus Panen

User Rating:  / 0
PoorBest 

Kabupaten Simalungun terus panen, walaupun sedang bulan puasa tidak menyurutkan semangat petani untuk melakukan panen. Kali ini panen  dilakukan di Nagori Maligas Serapuh, Kecamatan Gunung Malela.

Varietas yang di tanam adalah Mekongga. Alasan petani memilih varietas ini adalah karena gabahnya hampir sama dengan varietas Ciherang dimana rasa nasinya pulen dan rendemen beras lebih tinggi dari varietas lainya.

Luas panen hari ini mencapai 2.5 ha, dan luas panen yang akan panen seitar 6 ha. Rata-rata produktivitas untuk musim ini adalah 6.7 – 7 ton per ha, dimana harga jual gabah kering panen (GKP) Rp4300.00/kg, sedangkan Gabah Kering Giling (GKG) Rp5.500.00/kg.

Panen dihadiri oleh Kelompok Tani, KCD, Penyuluh Pertanian dan Babinsa, Kepala BPTP Sumut melalui LO BPTP Sumut menghimbau agar melakukan pergiliran varietas untuk memutus rantai hama penyakit pada pertanaman dan  penggunaan varietas unggul Balitbangtan juga dapat meningkatkan hasil, mengingat petani setempat masih menggunakan varietas yang sudah rentan terhadap serangan penyakit WBC.