Home Berita Info Aktual Kabupaten Simalungun Lanjut Panen

Kabupaten Simalungun Lanjut Panen

User Rating:  / 0
PoorBest 

Saat ini beberapa kecamatan di Kabupaten Simalungun memasuki masa panen, salah satunya Nagori Maligas Tongah,Kecamatan Tanah Jawa. Kecamatan ini memiliki luas baku 3.981 ha, sedangkan Nagori Maligas Tongah memilki 380 ha dan yang sudah siap panen sekitar 200 ha yang akan berlangsung 1 bulan ke depan.

Kunjungan tim UPSUS BPTP Balitbangtan Sumatera Utara ke lokasi panen didampingi oleh Penyuluh Pertanian setempat, panen kali ini merupakan panen perdana dengan luasan sekitar 2 ha. Varietas yang ditanam adalah Mekongga, Ciherang dan Cigeulis dengan produktivitas rata-rata 5.8 – 6.5 ton/Ha. Harga rata-rata gabah kering panen (GKP) Rp4.000.00 – Rp4200/kg, informasi harga sangat penting guna melakukan serap gabah petani di lapangan.

Kepala BPTP Sumut melalui LO BPTP Sumut menyampaikan pentingkan pergiliran varietas untuk memutus rantai hama penyakit pada pertanaman dan  penggunaan varietas unggul Balitbangtan juga dapat meningkatkan hasil, mengingat petani setempat masih menggunakan varietas yang sudah rentan terhadap serangan penyakit WBC .