Home Berita Info Aktual Tanam Padi Inpari 40 di Taman Agroinovasi BPTP Sumut

Tanam Padi Inpari 40 di Taman Agroinovasi BPTP Sumut

User Rating:  / 0
PoorBest 

Salah satu media diseminasi yang digunakan oleh Badan Litbang Pertanian dalam mempercepat transfer teknologi ke pengguna adalah taman agroinovasi. Taman agroinovasi merupakan wahana untuk stakeholders, mahasiswa, pelajar, petani dan masyarakat pertanian lainnya dalam belajar dan memperoleh informasi teknologi pertanian baik tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, dan peternakan. Taman agroinovasi ini diharapkan dapat menjadi media yang tepat untuk merubah perilaku sikap, dan motivasi masyarakat pertanian dan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang akhirnya masyarakat akan mengadopsi inovasi yang ada di Taman Agroinovasi.

Pada hari ini telah dilakukan tanam padi bersama di Taman Agroinovasi BPTP Sumut, acara dihadiri oleh Kepala BPTP Sumut Dr. Khadijh EL Ramija, SPi, MP, Ketua Kelji, Peneli, Penyuluh serta pegawai BPTP Sumut. Varietas yang digunakan Inpari 40.

Inpari 40 Tadah Hujan Agritan merupakan salah satu varietas unggul padi andalan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) yang dilepas pada tahun 2015. Varietas unggul padi Inpari 40 ini memiliki keunggulan agak toleran kekeringan serta cocok ditanam di daerah ekosistem sawah irigasi dan dataran rendah tadah hujan sampai ketinggian 600 mdpl. Umur panen sekitar 116 hari, dengan potensi hasil sebesar 9,60 t/ha GKG dan rata-rata hasil sekitar 5,79 t/ha GKG.

Penanaman Inpari 40 yang dilakukan di BPTP Sumut merupakan bagian display penelitian Padi Inpari 40 di Taman Agroinovasi BPTP Sumut. Kepala BPTP Sumut mengharapkan agar Peneliti Padi BPTP Sumut dapat memelihara Inpari 40 yang syarat perlakuan teknologi, sehingga sesuai untuk display teknologi dalam mendukung diseminasi inovasi teknologi pertanian di BPTP Sumut.