Home Berita Info Aktual PESONA KEBUN PERCOBAAN GURGUR, BALIGE TOBA SAMOSIR

PESONA KEBUN PERCOBAAN GURGUR, BALIGE TOBA SAMOSIR

User Rating:  / 0
PoorBest 

Salah satu aset BPTP Balitbangtan Sumut yang sangat berharga adalah Kebun Percobaan yang berlokasi di Desa Gurgur, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba Samosir. Beberapa tahun yang lalu Kebun Percobaan ini seolah olah terlantar tidak termanfaatkan, hal ini disebabkan karena belum adanya kekuatan hukum yang jelas berupa sertifikat tanah. Namun pada tahun 2016 lahan kebun percobaan seluas 34 ha resmi menjadi milik Badan Litbang Pertanian pasca dikeluarkannya sertifikat tanah secara resmi oleh Badan Pertanahan Kab. Tobasa menjadi dasar kekuatan hukum Badan Litbang Pertanian untuk pengelolaan Kebun. Saat ini pembangunan sedang berlangsung dan sudah hampir selesai diantaranya Screen House sebanyak 2 unit, gudang alsintan, rehabilitasi gedung kantor, pembangunan instalasi air dan pemasangan pompa air dan parit gajah sebagai batas pengaman sepanjang 2000 meter.

Sebagai lembaga penelitian, Kebun Percobaan Gurgur dijadikan sebagai pusat produksi biji botani bawang merah atau yang populer disebut True Seed of Shallot/TSS, hal ini mengingat bahwa iklim geografis di daerah ini sangat mendukung dan berdasarkan beberapa penelitian dua tahun terakhir merupakan lokasi terbaik untuk seluruh Indonesia, sebagai penghasil TSS.

Kebun Percobaan Gurgur juga dapat menghasilkan benih kentang bermutu, G1 hingga G3, yang sudah disebarkan hingga ke Kabupaten Karo dan belum bisa memenuhi banyak permintaan dari konsumen.

Selain TSS dan bawang merah Kebun Percobaan Gurgur juga akan dijadikan sebagai Kebun Induk penghasil bibit kopi khususnya varietas "Sigarar Utang", kegiatan ini bekerjasama dengan Balai Besar Perbenihan Tanaman Perkebunan (BBP2TP).

Kepala BPTP Sumut melakukan kunjungan kerja ke Kebun Percobaan Gurgur untuk melakukan pembinaan dan supervisi pelaksanaan kegiatan baik bangunan maupun kajian di lapangan. Dimana saat ini ada kegiatan produksi TSS dan penyediaan benih kopi yang merupakan lanjutan kegiatan Tahun Anggaran 2017. Pesan Kepala Balai melalui Kepala Kebun Percobaan (Jintamin Saragih) agar mengerahkan seluruh tenaga yang ada agar memanfaatkan lahan dan bangunan yang ada agar jangan sampai terlantar dan harus terlihat sebagai cerminan lembaga penelitian. Sudah dialokasikan anggaran untuk tahun 2018 seperti biaya pemeliharaan, kegiatan TSS dan kegiatan yang alokasinya dari Balai Penelitian Balitsa Lembang.