Home Berita Info Aktual Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Kegiatan dengan Pemkab Toba Samosir

Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Kegiatan dengan Pemkab Toba Samosir

User Rating:  / 0
PoorBest 

Pada tanggal 8 Pebruari 2018, Tim BPTP Balitbangtan Sumatera Utara memenuhi undangan dari Bapak Bupati Toba Samosir untuk melakukan Koordinasi dan Sinkronisasi kegiatan Tahun 2018, dilaksanakan di aula rumah dinas bupati, dihadiri seluruh bidang Dinas Pertanian  Kabupaten Toba Samosir. Mengawali kegiatan Kepala BPTP Balitbangtan Sumut menyampaikan highlight kegiatan yang telah dilakukan di Kebun Percobaan Gurgur, Tobasa, kemudian dilanjutkan dengan diskusi.

Salah satu topik yang paling menarik adalah keunggulan dari Kabupaten Toba Samosir dimana daerah ini memiliki kondisi geografis terutama suhu yang sangat sesuai untuk mengembangkan produksi biji botani bawang merah (True Seed of Shallot/TSS) yang saat ini sedang tren dalam penyediaan benih bawang merah yang selama ini masih mengandalkan umbi. Disamping itu Kabupaten Toba Samosir juga memiliki jenis tanah yang mengandung pasir yang sangat mendukung untuk produksi tanaman yang menghasilkan umbi seperti kentang dan bawang merah.

Saat ini BPTP Balitbangtan Sumut bekerjasama dengan Pemkab Tobasa untuk mendaftarkan Varietas lokal Samosir namanya Permaisuri untuk dicatat oleh Badan Perlindungan Tanaman dan Varietas, salah satu langkah awal untuk mengamankan aset-aset kekayaan hayati sebelum di klaim pihak luar.

Dalam kesempatan tersebut Kepala BPTP Balitbangtan Sumut, menyerahkan secara simbolis benih kopi 2000 batang dan benih kentang G2 sebanyak 3,7 ton, yang dihasilkan dari kegiatan KP Gurgur, kepada Bapak Bupati Tobasa. Khusus untuk benih kentang diharapkan diberikan khusus kepada penangkar untuk di tangkarkan kembali seterusnya hingga menjadi benih sebar.

Banyak masukan yang disampaikan untuk segera ditindaklanjuti diantaranya terkait teknologi mina padi, teknologi pengendalian hama penggerek kopi yang banyak menyerang tanaman kopi, pengembangan tanaman andaliman, dan penyediaan bahan diseminasi untuk peningkatan kapasitas penyuluh. Disamping itu Bidang Ketahanan Pangan juga mengharapkan kesediaan BPTP sebagai narasumber dalam acara pelatihan-pelatihan yang akan mereka laksanakan dalam waktu dekat.

Dalam arahannya Bapak Wakil Bupati mengatakan kekecewaanya terhadap capaian kinerja yang masih rendah khususnya dibidang pertanian mengingat sektor pertanian ini merupakan sektor yang sangat penting dalam menopang ketahanan pangan nasional. Namun beliau sangat berterima kasih dan memberi apresiasi yang setinggi tingginya dengan BPTP Balitbangtan Sumut yang telah melakukan berbagai kegiatan untuk kemajuan pertanian di Kabupaten Toba Samosir. Diharapkan jangan hanya sekedar koordinasi dan sinkronisasi saja, namun harus ada tindak lanjut atau aksi nyata yang berkesinambungan.