Home Berita Info Aktual Koordinasi Kegiatan Penyuluhan di Tapanuli Selatan

Koordinasi Kegiatan Penyuluhan di Tapanuli Selatan

User Rating:  / 0
PoorBest 

Penyuluh sebagai ujung tombak kemajuan di bidang pertanian harus mampu memberikan kontribusi yang baik di segala bidang khususnya pertanian, oleh karena itu dibutuhkan SDM yang berkualitas, SDM yang dapat melaksanakan visi misinya sebagai usaha penyebaran informasi dan inovasi pembangunan pertanian dalam meningkatkan harkat, martabat serta terwujudnya kesejateraan masyarakat.

Pagi hari yang berkabut tebal di Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) tidak menyurutkan langkah Penyuluh BPTP Sumut mendatangi kantor Dinas Pertanian Tapsel. Tim disambut hangat oleh Bapak Sekretaris Dinas Pertanian Tapsel, dalam pertemuan tersebut,  Penyuluh memaparkan kegiatan yang terdiri dari Temu Teknis Inovasi Pertanian dan Bimtek Peningkatan Kapasitas Penyuluh Daerah.

Sekretaris Pertanian Tapsel mengapresiasi rencana kegiatan penyuluhan di Tapsel, beliau mengatakan saat ini Tapsel akan melaksanakan kegiatan padi gogo, kegiatan tersebut merupakan program Dinas TPH Provsu,  dengan adanya rencana kegiatan penyuluh BPTP Sumut terkait padi gogo, maka akan saling melengkapi. BPTP Sumut akan melakukan praktek teknologi Largo.

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) telah menghasilkan teknologi terbaru padi di lahan kering dan rawa yaitu LARGO (Larikan Gogo), Largo ini sarat dengan penerapan teknologi, mulai penggunaan benih unggul, biodekomposer, penggunaan pupuk hayati, pengendalian hama dan penyakit tanaman hingga mekanisasi pertanian,  varietas unggul baru yang digunakan yaitu Inpago 8, Inpago 9, Inpago 10, dan Inpago 11. Teknologi LARGO, pengaturan jarak tanam dengan membentuk barisan tanaman yang lurus untuk mempermudah pemeliharaan (penyiangan, penyemprotan dan pemupukan).

Selanjutnya tim bertolak meninjau lokasi gedung pertemuan yang berada di Kecamatan Batunadua, terkait dengan penetapan lokasi praktek teknologi budidaya Largo akan ditetapkan oleh Dinas Pertanian Tapsel setelah dilakukan rapat posko bulanan.