Home Berita Info Aktual PANEN RAYA PADI DI LANGKAT, STOK PRODUKSI MELIMPAH

PANEN RAYA PADI DI LANGKAT, STOK PRODUKSI MELIMPAH

User Rating:  / 1
PoorBest 

Kabupaten Langkat merupakan salah satu kabupaten penyumbang beras terbesar di Sumatera Utara yang berhasil swasembada pangan secara berkelanjutan, realisasi panen padi di Kabupaten Langkat hingga awal Januari 2018 mencapai 96.059 ha, telah melampaui target 108,94 persen dari target panen  88.178 ha.

Panen raya kali ini dirayakan secara meriah di Desa Lubuk Kertang Kecamatan Brandan Barat Kabupaten Langkat. Panen dihadiri oleh Bupati Langkat yang diwakili oleh Sekda Langkat, Ketua DPRD, Kapolres, Dinas TPH Provsu, Dinas Pertanian Langkat, Dandim 0203 Langkat, Kajari Langkat, Poktan dan tokoh masyarakat.  Acara diawali dengan panen bersama mengunakan combine harvester, varietas Inpari 32 dengan hasil 7-8 ton/ha, kemudian dilanjutkan penanaman perdana kedelai varietas Anjasmoro dilahan seluas 55 Ha pada lokasi yang sama.

Desa Lubuk Kertang memiliki areal sawah 1.362 ha, areal sawah tersebut seluruhnya merupakan sawah tadah hujan yang tidak berpengairan irigasi sehingga Petani setempat sangat mengharapkan pembangunan embung di desa Lubuk Kertang sehingga dapat mengairi seluruh persawahan yang saat ini tanam padi IP 2 menjadi IP 3.

adis TPH Provsu dalam sambutannya mengatakan pada tahun 2017 Kabupaten Langkat mendapatkan bantuan benih, pupuk, alsintan dan pembangunan jaringan irigasi, bantuan tersebut  termanfaatkan secara optimal oleh petani Langkat, hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan produksi beberapa komoditas. Oleh karena itu Kadis TPH Provsu mengapresiasi upaya yang telah dilakukan dan akan menambah bantuan  di Kabupaten Langkat pada tahun 2018, khusus komoditas Kedelai, Kadis berjanji akan membangun gudang bagi penangkar kedelai di Langkat.

Bupati Kabupaten Langkat yang diwakili Sekda mengapresiasi kinerja Dinas Pertanian Langkat yang telah berhasil mengelola pertanian Langkat dengan baik, keberhasilan tersebut ditunjukan dengan Kabupaten Langkat menjadi  Sentra Pelayanan Peryanian Terpadu peringkat kedua di Provinsi Sumut, " panen raya yang kita laksanakan hari ini membuktikan bahwa stok produksi padi di Kabupaten Langkat melimpah" jelasnya.

Menurut Ketua Poktan Karya Tunas Baru 1 Bapak Sulaiman, harga GKP saat ini berkisar Rp. 4.700 - 5.100, harg GKG 5.700, sedangkan harga beras 10.500. Petani sangat mengharapkan bantuan pompa dari Dinas TPH Provinsi Sumut dapat dialokasikan untuk petani Desa Lubuk Kertang.