Home Berita Info Aktual Panen SUPER Berkat JARWO SUPER

Panen SUPER Berkat JARWO SUPER

User Rating:  / 0
PoorBest 

Kabupaten Langkat kembali melakukan panen, namun berbeda dengan panen-panen sebelumnya “ panen hari ini hasilnya sangat mengagumkan, hasil ubinan kegiatan Jarwo super milik Poktan Sepakat mencapai 9,7 GKP t/ha yang biasanya petani hanya mendapatkan hasil panen 6 GKP t/ha saja ” kata PPL Desa Nambiki Kec. Selesai Ibu Juli. Panen dilakukan seluas 3,5 Ha pada hamparan 20 ha dengan menggunakan varietas Inpari 32.

Sementara itu, Bapak Amir Tarigan selaku Ketua Poktan Sepakat juga menyampaikan bahwa “petani sangat senang dengan hasil yang dipanen hari ini, berkat Jarwo Super, panen pun SUPER” kata pak Amir. Petani mengakui bahwa kegiatan Jarwo super yang dikawal oleh BPTP Sumut nyata hasilnya dan sangat bermanfaat bagi petani.

Kepala BPTP-Balitbangtan Sumut melalui LO Langkat menjelaskan bahwa teknologi Jajar Legowo (Jarwo) Super adalah teknologi budidaya terpadu padi sawah irigasi berbasis tanam jajar legowo 2:1. Teknologi Jarwo Super ini dihasilkan oleh Balitbangtan setelah melalui penelitian dan pengkajian pada berbagai lokasi di Indonesia dan terbukti dapat mendongkrak produktivitas padi di atas 40%, komponen teknologi JS yang harus diterapkan secara optimal, yaitu; a) Varietas Unggul Baru (VUB) potensi hasil tinggi, b) Biodekomposer, diberikan pada saat pengolahan tanah, c) Pupuk hayati sebagai seed treatment dan pemupukan berimbang berdasarkan Perangkat Uji Tanah Sawah (PUTS), d) Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) menggunakan pestisida nabati dan pestisida anorganik berdasarkan rekomendasi, serta e) penggunaan alat dan mesin pertanian, khususnya untuk tanam (jarwo transplanter) dan panen (combine harvester), dijelaskan lagi bahwa selain penggunaan varietas unggul, Inpari 32, unsur penting lain Jarwo super yaitu Hayati dan Mekanisasi.

Menurut Ka. UPTD Kecamatan Selesai, Ibu Nani “ kegiatan Jarwo Super dari BPTP Sumut dapat dijadikan salah satu upaya mempercepat pencapaian swasembada beras di Kabupaten Langkat, beliau menyampaikan terimakasih atas kerjasama dan dukungan semua pihak, terutama BPTP Sumut, Dinas Pertanian Kabupaten Langkat, SKPD terkait, Poktan dan Petani yang terlibat dalam kegiatan Jarwo Super ini, beliau mengharapkan penerapan Jarwo super dapat diterapkan di tingkat Petani/ Poktan/Gapoktan, PPL, sehingga dapat diterapkan secara luas di Kabupaten Langkat”.