Home Berita Info Aktual Rapat Pemberdayaan Pos simpul Koordinasi Sasaran Tanam TA. 2018

Rapat Pemberdayaan Pos simpul Koordinasi Sasaran Tanam TA. 2018

User Rating:  / 0
PoorBest 

Rapat dilaksanakan di Aula Dinas TPH dan Hortikultura Provsu pada hari Selasa, 9 Januari 2018, rapat dipimpin oleh Kepala Dinas TPH dan Hortikultura Prov. SUMUT dan dihadiri oleh SimTP dari Kabupaten/Kota, BPTP SUMUT, Bulog, BPTPH, BPSB, PERTANI, STPP, BMKG, BPS.

Target LTT padi bulan Desember 2017 telah tercapai, capaian tersebut tidak terlepas dari kerja keras dari masing-masing Kabupaten. Untuk itu, pimpinan rapat menyampaikan apresiasi kepada seluruh Dinas Pertanian Kabupaten dan mengharapkan capaian LTT dapat direalisasikan setiap bulannya, selanjutnya terkait stok beras di Bulog, jumlah stok beras di Bulog sampai tanggal 9 Januari 2018 sebesar 34.000 ton, sehingga cadangan beras di SUMUT untuk tiga bulan kedepan aman. Stok beras juga akan bertambah dengan masuknya beras dari sub divre dan Kansilog yang di Kab/Kota. Akan tetapi Harga Jagung mulai menurun sampai Rp.500'- di sentra Produksi Jagung.

Selanjutnya dari BPTPH menyampaikan bahwa serangan hama penyakit sudah ada di beberapa kabupaten, tingkat serangan rintangan, sedang, umumnya hama penyakit yang menyerang adalah Balas, Kreasi, Wereng Batang Coklat. Untuk mengatasi hama penyakit BPTPH menyampaikan agar pengamatan dan pemantauan terus menerus dilaksanakan, penyemprotan tidak hanya di atas tanaman tetapi juga di bawah tanaman, PPL diharapkan mampu memberikan informasi rekomendasi kepada petani, seperti tidak mencampur pestisida dalam mengendalikan hama penyakit karena di khawatirkan akan membunuh musuh alami.

BPSP menyampaikan bahwa sertifikasi penangkar benih khususnya Penangkar bawang merah masih rendah dan PT. Pertani menyampaikan bahwa stok benih yang tersedia saat ini sebesar 270 ton dengan varietas Inpari 30, Inpari 32, dan Mekongga. Stok benih Benih kedelai 106 ton, PT. Metro Kimia gresik juga menyampaikan pupuk subsidi juga udah tersedia dan siap distribusi ke Kab/Kota.

Terkait prakiraan cuaca di Provinsi Sumut, BMKG menyampaikan bulan Januari merupakan bulan pancaroba ke musim kemarau, dan diperkirakan di bulan Februari curah hujan dalam kategori sedang di sekitar dataran tinggi, dan ada kemungkinan banjir di pantai timur mulai langkat, Deli serdang, labuhan batu.

Pimpinan rapat, Ibu Ichroni Hasibuan menyampaikan bahwa Alsintan yang sudah sampai di Kab/Kota agar dikawal sehingga bermanfaat bagi petani, jika ada pelatihan Alsintan, yang dikirim adalah petani penerima bantuan. BPTP SUMUT Menyampaikan agar adanya koordinasi antara Kab/Kota dgn LO BPTP dalam rangka pelaporan kegiatan panen di masing-masing Kabupaten setiap hari nya, panen dilengkapi foto open camera.